Semua Tokoh One Piece dengan Nama D: Mereka yang Ditakdirkan Mengubah Dunia!

Sejauh ini, semua tokoh One Piece dengan nama D selalu memegang peranan penting. Mau mereka hanya muncul sebentar di kilas balik masa lalu atau menjadi tokoh utama, aksi mereka selalu memiliki konsekuensi menarik terhadap situasi dunia One Piece. Saat ini, dunia di animanga One Piece bisa dibilang memiliki status quo. Di lautan luar dan paruh awal Grand Line, Angkatan Laut dan Pemerintah Dunia berkuasa absolut. Sementara itu di New World, ganti para Yonko yang memegang kedaulatan besar.

Nah, para tokoh One Piece dengan nama D ini satu persatu mempengaruhi status quo tersebut. Tidak percaya? Mari kita lihat!

1. Gol D. Roger

Kita mulai dari sang raja bajak laut, Gol D. Roger. Bisa dibilang, pria ini adalah yang mengawali gejolak di dunia One Piece. Lalu Gol D. Roger, melalui kata-kata terakhirnya, menyebabkan lonjakan aktivitas bajak laut. Sebagian bajak laut yang hendak menemukan harta One Piece ini pun kemudian mulai membuat pusing Pemerintah Dunia dan Angkatan Laut.

2. Marshall D. Teach

Tokoh One Piece dengan nama D yang satu ini memiliki dampak yang tidak kecil. Dengan menangkap Ace, dialah yang memulai Perang Marineford. Ditambahkan dengan bobolnya Impel Down (yang dimulai oleh Luffy, namun diperparah oleh dia setelah membebaskan sejumlah tahanan paling berbahaya), Teach berujung membuat perubahan status quo di Angkatan Laut dan juga Yonko. Di Angkatan Laut, keengganan Pemerintah Dunia untuk mengumumkan bobolnya Impel Down membuat Sengoku mundur. Posisinya sebagai laksamana armada digantikan oleh Sakazuki. Sementara itu di lautan New World, Teach dengan nyaman menggantikan posisi Edward Newgate sebagai salah satu Yonko. Mengingat Teach berambisi juga menemukan One Piece, pembaca harus meyakini satu hal: pria ini belum berhenti berulah.

3. Monkey D. Dragon

Dragon adalah penjahat yang paling dikhawatirkan Pemerintah Dunia. Bajak laut mungkin banyak, dan kekuatan mereka kadang tak terkira, tapi sebagian besar dari mereka tidak akan membuat masalah dengan Pemerintah Dunia secara sengaja. Dragon dengan Pasukan Revolusionernya justru sengaja mencari konflik dengan Pemerintah Dunia. Kita baru melihat langsung aksi agennya sekali, saat Sabo dan Koala beraksi di Dressrosa. Namun dari reputasi Dragon dan beberapa dialog, pria yang satu ini sudah sangat diburu karena menjungkalkan pemerintahan di beberapa negara.
Mengingat manga One Piece belum selesai, aksi Dragon sudah pasti belum selesai.

4. Monkey D. Luffy

Ah, tokoh utama kita. Dia ini adalah pemilik Will of the D pertama yang dilihat oleh pembaca One Piece. Luffy pada dasarnya hanya ingin bertualang. Namun dalam petualangannya itu sejauh ini Luffy sukses mencegah kudeta (Alabasta), menyebabkan kehancuran pulau penting Pemerintah Dunia (Enies Lobby, meski itu lebih karena kebodohan Spandam), menggulingkan kekuasaan seorang pria dengan koneksi Tenryuubito (Doflamingo di Dressrosa), dan sekarang tengah mengancam kedaulatan seorang Yonko. (Big Mom).
Ya, inilah kehebatan dari tokoh utama kita. Ia tidak dengan sengaja memulai gerakan revolusi, seperti yang dilakukan ayahnya. Namun tetap saja setiap aksinya memberi dampak nyata kepada perubahan dunia. Tak heran nilai buruannya terus naik.

5. Jaguar D. Saul

Jangan kira karena penampilan Saul sebentar tokoh One Piece dengan nama D ini tidak mempengaruhi dunia. Ia memang tidak melakukannya secara sengaja, tapi ada satu aksinya yang membuat dunia One Piece berbeda: mencoba melindungi Nico Robin.
Kemudian terungkap kalau Robin termasuk satu dari sangat sedikit manusia di dunia One Piece yang masih bisa membaca Poneglyph. Mengingat lokasi Raftel hanya dapat dicapai dengan petunjuk dari Rio Poneglyph, tanpa pengorbanan Saul kelompok Topi Jerami tak akan bisa mencapai pulau terakhir tersebut.

6. Trafalgar D. Water Law

Mungkin bukan Law yang memberi pukulan terakhir kepada Doflamingo. Namun pada dasarnya, dia adalah penggerak utama konflik melawan salah satu Shichibukai terkuat itu. Law juga mungkin tidak bermaksud untuk menyelamatkan kedaulatan keluarga Riku Dolt dan menyelamatkan orang-orang yang diubah Sugar menjadi boneka. Tapi dengan memicu konflik dengan Doflamingo, Law dan Topi Jerami sukses melakukan semua itu. Tak hanya itu saja, Law sudah berencana untuk sekalian menjatuhkan Kaido. Dengan memicu tumbangnya Doflamingo dan hancurnya pabrik SMILE, Law sebenarnya sudah memaksa Kaido untuk bergerak. Konsekuensi yang satu ini sudah diketahui oleh Law dan diantisipasinya.

Akan terjadi perang besar sebentar lagi, digerakkan oleh Kaido dan pasukan hewan buas yang sudah ia miliki. Kita lihat saja bagaimana kejadian itu akan mempengaruhi semesta One Piece.

7. Portgas D. Rouge

Mungkin terdengar tragis, tapi keputusan Rouge untuk mengorbankan diri demi putranya berujung kepada pertempuran Marineford, yang sangat vital itu. Kalau misalnya yang ditangkap Teach “hanya” bajak laut seperti Marco, konflik dari Marineford mungkin tidak akan terlalu besar. Pengungkapan bahwa Ace adalah anak dari Gol D. Roger-lah yang menyebabkan kejutan besar. Bahkan pengungkapan tersebut sempat membuat Squard menikam ayah angkatnya sendiri, yakni Edward Newgate sang Whitebeard.

Setelah penderitaan Rouge, penulis sempat mengira Ace akan berperan sangat besar dalam sejarah One Piece. Namun sayangnya sejauh ini Ace hanya menjadi picu untuk era baru bajak laut, yang lebih brutal dan tidak pasti.

8. Portgas D. Ace

Hidup Ace benar-benar dipengaruhi oleh tokoh One Piece dengan nama D. Rouge dan Roger adalah orang tuanya. Luffy adalah saudara angkatnya. Teach menjadi orang yang menangkapnya dan kemudian menyeretnya ke Angkatan Laut. Pengaruh kematian Ace, selain menjadi salah satu pemicu era bajak laut baru, adalah memberi waktu bagi Luffy sekaligus menyadarkannya kalau ia harus lebih kuat. Bila Luffy tidak terlebih dahulu mengambil jalan memutar untuk menolong Ace, entah apa ia cukup kuat untuk melawan makhluk-makhluk yang menantinya di New World.

9. Monkey D. Garp

Beda dengan anaknya yang revolusioner dan cucunya yang bajak laut, Garp sangat berdedikasi ke Angkatan Laut. Sejauh ini ia juga tidak pernah memberontak langsung, seperti yang dilakukan oleh Saul saat mencoba membela Robin. (Dia sempat mengamuk di Marineford, tapi itupun dia masih bisa meminta Sengoku untuk menahannya). Kalau saja Garp mau, ia sudah menjadi salah satu laksamana sejak dulu.

Mungkin ini yang membuat Pemerintah Dunia pusing. Garp sangat berguna untuk mereka, tapi pada akhirnya meski ia loyal, darah daging Garp justru menjadi duri utama yang menjadi ancaman mereka.Itulah sembilan tokoh One Piece dengan nama D yang muncul sejauh ini. Terlihat kan? Bahkan keberadaan mereka saja memicu perubahan besar pada dunia. Bagaimana komentarmu mengenai hal ini? Sampaikan di kolom komentar!

Merasa artikel ini menarik? Jangan ragu untuk share dan tag ke teman-teman kamu!
source : duniaku.net