Satu Hal Menarik yang Perlu Kalian Ketahui Tentang Snakeman, Form Terbaru Luffy!

Ternyata ada hal menarik yang mungkin tidak disadari oleh fan—terutama fan di luar Jepang—mengenai form terbaru Luffy, Snakeman, lho!

Snakeman menjadi form terbaru Luffy yang sangat membuat para pembaca penasaran. Bagaimanakah bentuknya, kekuatannya, dan keampuhannya untuk mengalahkan Katakuri menjadi hal-hal yang banyak dipertanyakan oleh para fan. Sementara kekuatan form terbaru Luffy sendiri masih berupa sebuah tanda tanya besar, ternyata ada beberapa hal unik dan menarik yang ada dibalik nama Snakeman itu, lho! Sebelumnya, kita tahu bahwa Oda suka sekali memasukkan hal-hal dari dunia nyata ke dalam One Piece—termasuk kebudayaan dan bahkan mitologi Jepang itu sendiri.


Nah, Snakeman ini sendiri juga sepertinya terinpirasi dari kebudayaan Jepang, lho! Salah satu pengguna Twitter asal Jepang yang juga biasa mem-posting hal-hal mengenai One Piece, @Sandman_AP, memiliki sedikit teori yang menjelaskan kenapa nama form terbaru Luffy adalah Snakeman. Kembali pada bab 883, Katakuri menggunakan sebuah jurus bernama Kagami Mochi. Kagami Mochi sendiri sebuah dekorasi tradisional Jepang yang biasa dibuat saat perayaan tahun baru. Arti dari Kagami Mochi sendiri adalah “kue beras mochi cermin.”

Disebut “mochi cermin” karena bentuknya mirip dengan cermin perunggu yang dianggap sebagai sebuah pusaka oleh penduduk Jepang kuno. Penduduk Jepang percaya bahwa menumpuk dua benda pusaka tersebut akan menyebabkan keberuntungan mereka menjadi dua kali lipat. Disebutkan pula oleh beberapa peneliti legenda dan sejarah bahwa bentuk dari mochi cermin ini berdasarkan ular suci dalam mitologi Jepang.

Dari penjelasan ini, kita bisa menemukan sebuah hubungan yang cukup menarik antara Luffy sebagai Snakeman (manusia “ular”) bertarung melawan Katakuri yang merupakan manusia “mochi” dalam dunia “cermin”. Tampaknya, bukan sebuah kebetulan jika Oda memasukkan beberapa mitologi dan kebudayaan Jepang, mengubah dan merangkainya menjadi satu ke dalam dunia One Piece—terutama pertarungan Luffy dan Katakuri. Cara berpikir mangaka yang satu ini benar-benar out of the box. Haha.

Seperti apa sih kekuatan Snakeman milik Luffy ini nantinya? Tentunya pertanyaan tersebut masih belum bisa terjawab hingga chapter terbaru One Piece berikutnya rilis. Akan tetapi, kita sudah memiliki beberapa teori mengenai kekuatan terbaru milik Luffy ini nantinya.

Jika kita menilik form pertama dari Gear 4 Luffy, Bounce Man, kita tahu bahwa form tersebut memiliki kekuatan yang benar-benar menggambarkan namanya “Bounce” yang berarti memantul. Bentuknya yang seperti bola manusia juga mewakili nama Bounce Man itu sendiri.

Nah, bukannya tidak mungkin nama “Snakeman” nanti membuat tubuh Luffy seperti ular. Tentunya, dia tidak berubah menjadi ular layaknya dua saudari Hancock. Tetapi mungkin tubuhnya menjadi panjang layaknya ular supaya bisa menghindari tubuh Katakuri dengan mudah. Selain itu, tangannya akan juga akan menjadi panjang sehingga melancarkan serangan-serangan yang tidak bisa diprediksikan oleh Katakuri.

Luffy sendiri pernah melawan musuh yang hampir serupa dengan Katakuri, Enel. Enel memiliki haki tingkat tinggi (yang kala itu disebut sebagai “mantra”) untuk menghindari serangan Luffy. Sang kapten bajak laut sendiri bisa mengalahkan Enel setelah menggunakan jurus Gomu Gomu no Tako Hanabi. Jurus ini sangat sulit dihindari karena pola serangannya yang acak—yang bahkan penggunanya tidak dapat memprediksi bakalan ke mana pukulannya mendarat.

Hampir sama dengan pendapat rekan saya, Snakeman sendiri akan membuat tubuh Luffy menjadi panjang layaknya ular. Bedanya, menurut saya pribadi tubuh ular Luffy ini bukan digunakan untuk melancarkan serangan yang sulit dibaca bahkan oleh Katakuri sekalipun. Tetapi digunakan untuk menangkap, mengikat, dan menangkap tubuh Katakuri layaknya ular piton atau mungkin anaconda.

Memang, menangkap Katakuri bukanlah hal yang mudah. Tetapi bukannya tidak mungkin jika Luffy membuat tubuhnya menjadi sangat panjang sehingga menutupi area dengan skala yang sangat luas. Dengan jangkauan yang sangat luas tersebut, bukannya tidak mungkin Katakuri dapat terperangkap dalam tubuh Luffy. Kalau sudah tertangkap, Luffy hanya tinggal menghajar Katakuri hingga kalah.

Terlepas dari hal tersebut, cukup menarik rasanya mengetahui bahwa Oda memasukkan hal-hal unik seperti budaya dan mitologi Jepang ke dalam sebuah pertarungan yang seru ini. Menurutmu sendiri, form terbaru Luffy ini sendiri bakalan seperti apa sih? Jangan sungkan untuk menyuarakan pendapatmu di kolom komentar ya!