10 Kata Yang Sering Digunakan Oleh Otaku Jepang

Sempatkah kalian di juluki otaku karna seringkali mengatakan kalimat yang datang dari anime atau manga? Memanglah di antara otaku ada beberapa arti yang cuma bisa dipahami pada sesama otaku. Pasti orang Jepang yang otaku juga mempunyai “istilah otaku” yang cuma dapat dipahami pada mereka.

Saat ini satu portal di Jepang buat ranking tentang “istilah otaku” yang seringkali disampaikan dalam pembicaraan keseharian. Mari kita simak beberapa arti yang seringkali disampaikan oleh otaku orang Jepang.

1. リア充 (Riajyuu)
Riajyuu adalah kependekan dari リアルが充実している (real gak jyuujitsu shiteiru) yang bermakna “realitasnya cukup makmur”. Arti ini umum dipakai untuk menyindir beberapa orang yang telah miliki pacar.2

2.~乙 (~Otsu)

Otsu adalah kependekan dari お疲れ様 (otsukaresama) yang dipakai untuk menegur orang yang telah bekerja atau merampungkan satu kesibukan. Arti ini umum dipakai untuk menghina orang yang lakukan suatu hal tapi tidak berhasil atau “epic fail”. Sebelumnya kata otsu dapat ditambahkan beragam kata umpamanya 嘘 (uso) yang bermakna bohong, jadi 嘘乙 (uso-otsu).

3. 萎え (Nae)
Nae yaitu kebalikan dari moe. Dipakai apabila lihat suatu hal yang tidak sesuai harapan. Umpamanya ketika berjumpa dengan ciri-khas moe namun nyatanya dia pria, benar-benar nae.

4. ニコ動 (Nicodou)
Nicodou adalah kependekan dari Nico Nico Douga. Ya, website streaming video dari otaku oleh otaku untuk otaku.

5. ボカロ (Bokaro)
Bokaro adalah kependekan dari ボーカロイド (Vocaloid). Tidaklah heran Bokaro bisa masuk di posisi ke-5 karna Hatsune Miku adalah satu diantara ciri-khas ikonis dari beberapa otaku di Jepang.

6.  ツンデレ (Tsundere)
Haruhi Suzumiya! Asuka Shikinami! Rie Kugimiya! Saya sangka yang satu ini tidaklah perlu keterangan lebih panjang sekali lagi.

7. フラグが立つ/立った (Furagu gak tatsu/tatta)
Kalimat ini dengan segera mempunyai makna “bendera berdiri/telah berdiri”. Bendera berdiri dikonotasikan jadi satu wacana yang juga akan berlangsung. Umumnya berbentuk ironi/jinks. Seperti waktu orang menyebutkan “ah gapapa, kelak tentu dapet makan kok”, dia jadi nanti tidak bisa makan.

8. ショタ (Shota)
Ini arti yang telah cukup meluas dikalangan otaku Indonesia. Shota adalah julukan buat anak lelaki.

9. 死亡フラグ (Shibou Furagu)
Masih tetap terkait dengan ranking nomor 7, 死亡 (shibou) mempunyai makna kematian jadi Shibou Furagu bermakna “Bendera Kematian”. Mengungkap ada wacana satu ciri-khas juga akan mati. Apabila ada ciri-khas yang berkata bijak atau mengungkap rasa cinta sebelumnya adegan perang, kita bisa katakan Shibou Furagu dia telah berkibar.

10. 中の人 (Nakano Hito)
Nakano Hito dengan segera mempunyai makna “orang dalam”. Di antara beberapa otaku arti ini tunjukkan seiyuu atau pengisi nada.

Banyak beberapa arti otaku beda yang dipakai oleh otaku orang Jepang. Adakah arti yang kalian seringkali pakai sesama rekan otaku kalian?